Sabtu, 21 Februari 2009

Cara Merawat Helm Motor



Selain faktor keamanan, helm motor juga dapat menjadi ajang untuk bergaya. Tidak heran jika kini ada berbagai macam moel helm motor. Mulai dari helm yang berstandar hingga model yang aneh dan lucu. Namun, tetap saja helm tersebut harus dapat melindungi anda. Nah, jika anda memiliki helm motor favorit, sudah sewajarnya anda merawat dengan baik.
Untuk itu, kami dari Planet Helm ingin berbagi tips cara merawat helm dengan pelanggan setia kami. Berikut ini tips cara merawat helm motor :
1.Siapkanlah alat-alat yang diperlukan sptr tisu, kanebo, pengharum, pembersih kaca, dan kit pengilap.
2.Mulailah membersihkan dengan tepat bagian kaca dengan kanebo secara perlahan dan hati-hati dengan gerakan lurus ke bawah. Hal ini untuk menghindari debu/partikel keras merusak atau menggores visor/kaca helm. Sebab kaca helm yang tergores biasanya akan membuat pecah pancaran cahya yang diterima khususnya ketika malam hari.
3.Untuk kaca helm yang kotor karena debu atau serpihan serangga mati sebaiknya jangan dibersihkan langsung pakai kanebo. Semprot atau basahi dahulu dengan air biasa atau air sabun. Lalu biarkan air tersebut bereaksi dengan debu/kotoran hingga larut. Setelah dua menit, baru anda dapat membersihkannya dengan menggunakan kanebo. etelah itu siapkan pembersih kaca dan tisu. Semprotkan pembersih kaca ke kaca helm dengan takaran yang tepat. Lalu, keringkan dengan tisu kering. Untuk bagian luarnya, anda dapat menggunakan kit/pengkilat motor.
4.Bagian dalam helm merupakan bagian yang paling penting. sebab, jika bagian dalamnya lembab dan tidak pernah dibersihkan akan menimbulkan bau tidak sedap. Solusinya, semprotkan pengharum dengan aroma yang tidak terlalu menyengat sesuai selera anda. contohnya anda dapat menggunakan pengharum pakaian.
5.Terakhir, anda paling tidak 2 minggu sekali cuci bagian helm yang dapat dilepas. caranya, lepas bagian helm tersebut, lalu siapkan air panas dan deterjen. Rendam bagian tersebut kedalmnya. lalu bilas hingga bersih. Ingat, jangan diperas/dikucek karena dapat merusak bagian busa yang ada didalamnya. Setelah itu segera keringkan dibawaqh sinar matahari. Selamat merawat Helm.

Tidak ada komentar: